RSS

info

معهد دار القرءان للبنات لتحفيظ القرءان الكريم

D A R U L Q U R ’ A N
Pondok Pesantren Menghafal al Qur’an Khusus Puteri
Bendungan Pagaden Barat Subang

Nama Dan Sifat Pondok
Pondok Pesantren Darul Qur’an adalah wadah bagi para penghafal al Qur’an khusus puteri. Sistem pengajaran yang dipakai adalah metode klasikal (Salafiyyah). Corak sistem pengajaran metode ini adalah at Talaqqi Bi al Musyafahah (Face To Face) antara guru dengan murid (santri) secara langsung. Mengingat bahwa dalam membaca al-Qur’an yang baik dan benar sangat terkonsentrasi pada Makharij al-Huruf, maka metode di atas merupakan satu-satunya cara yang paling efektif dalam pembelajaran bacaan al-Qur’an.
Dalam pembelajaran bacaan al-Qur’an dengan metode ini tentu akan melibatkan karya-karya standar para ahli Qira’at, terutama dalam masalah Ilmu Tajwid. Maka di pondok pesantren ini dipelajari pula Awjuh al-Qira’ah dengan mengacu kepada kitab-kitab muktabar di kalangan ahli Qira’at. Menghafal al Qur’an secara khusus dipandu oleh Ustdz. Ny Raihatul Jannah (al Hafidzah); alumni Pondok Pesantren Yanbu’ul Qur’an Kudus Jawa Tengah, yang telah memiliki sanad (mata rantai) dalam hafalan dan metodologi bacaan (Makharij al Huruf) dari para ulama kita; yang bersambung hingga Rasulullah (sanad terlampir).

Kurikulum Pondok
a. Kurikulum Konsentrasi
Kurikulum konsentrasi adalah kurikulum primer; sebagai acuan kurikulum hafalan (Tahfizh). Kurikulum yang dipakai murni lokal dengan mengacu kepada model pondok pesantren klasik pada umumnya, secara khusus berkiblat kepada model Pondok Pesatren Yanbu’ul Qur’an Kudus Jawa Tengah. Karena itu metode yang dipakai berbasis tradisional dengan menerapkan metode Talaqqi Bil Musyafahah. Secara teknis, setiap hari para santri memiliki beban dua kali pertemuan (at Talaqqi); pagi hari dan sore hari, pagi untuk menambah hafalan (az Ziyadah) dan sore hari untuk mengulang hafalan (at Takrar).

b. Kurikulum Skunder
Kurikulum skunder berisi materi dalam pokok-pokok ilmu agama (’Ulmuddin adl-Daruriyyah) dengan referensi karya-karya ulama Salaf saleh, baik dalam Aqidah, Fiqih (Thaharah, Ibadah, dan Mu’amalah) maupun Tasawuf. Di dalam aqidah adalah madzhab mayoritas umat Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah al Asy’ariyyah dan al Maturidiyyah, di dalam Fikih berlandaskan kitab-kitab karya ulama madzhab Syafi’i, dan di dalam Tasawuf di atas jalan Imam al Junaid al Baghdadi, Imam al Ghazali, Imam Ahmad ar Rifa’i, Syekh Abdul Qadir al Jilani, dan ulama Sufi sejati lainnya. Proses pembelajaran materi skunder ini dengan tetap merapkan metode at Talaqqi Bil Musyafahah.

Alamat Pondok
Terletak di wilayah yang kondusif untuk menghafalkan al Qur’an, Desa Bendungan No. 24 Kecamatan Pagaden Barat Kabupaten Subang Jawa Barat.
Tlp. 085284584585 – 085216284475,
E-mail : darulquran_subang@yahoo.com
Blog : http://www.darulquransubang.wordpress.com
Facebook : Darul Qur’an Subang

Biaya Santri
Free 100% (gratis), semua santri dibebaskan dari biaya administrasi pesantren, termasuk dari setiap bentuk fasilitas yang dapat digunakan, kecuali biaya kebutuhan sehari-hari yang ditangggung oleh masing-masing santri (dapat berkordinasi dengan pengasuh).

Jenjang Belajar
Dimulai dengan membaca al Qur’an Bi an Nazhar (membaca dengan melihat al Qur’an) untuk memperbaiki bacaan dalam waktu  6 bulan (1 semester), kemudian di lanjutkan membaca Bi al Ghaib (membaca tanpa melihat al Qur’an). Oleh karena pada dasarnya menghafal itu sangat tergantung kepada kekuatan nalar dan kesungguhan belajar; maka Pondok Pesantren Darul Qur’an tidak membebankan target waktu pencapaian kelulusan.

Santri Muqim Dan Musafir
Santri muqim bertempat di asrama yang disediakan secara gratis dengan segala fasilitas di dalamnya dengan mematuhi segala peraturan yang telah ditetapkan. Santri musafir dapat pulang ke rumah masing-masing dengan tetap memperhatikan segala ketentuan proses tahfizh di Pondok Pesantren (Musafir Intensif). Termasuk, pihak pengurus memberikan keleluasaan bagi siapapun untuk menyetor hafalan al Qur’an secara berkala (Musafir non intensif).

Usia Santri Dan Waktu Pendaftaran
Khusus bagi santri muqim adalah pelajar putri usia/tamatan MTs/SMP, MA/SMU, dan atau usia sederajat. Pihak pengurus memberi keleluasaan bagi santri yang sedang duduk di sekolah formal untuk mengikuti proses belajar mengajar di sekolah masing-masing; untuk kemudian pulang ke asrama. Bagi santri musafir (intensif dan non intensif) tidak dibatasi usia. Waktu pendaftaran; tanpa batas, dengan jumlah santri disesuaikan dengan kapasitas asrama pondok pesantren.

Susunan Pengurus Pondok
Penasehat :
Ust. H. Muhyiddin Abdul Mujib
Ust. H. Kholilurrohman Lc, MA (al-Hafizh)
Pengasuh :
Ustdz. Hj. Yayah Ruqoyah
Ustdz. Raihatul Jannah (al-Hafidzhah)
Ust. H. Abdul Qodir S.Ag (al-Hafizh)
Ust. Lili Mahalli, MA

Kelulusan
Bagi yang telah benar-benar hafal al Qur’an 30 Juz dan dinyatkan lulus dalam ujian akhir maka pihak pengurus dapat memberikan ijazah sanad (mata rantai) dalam bacaan dan hafalan al Qur’an dalam wisuda kululusan (Haflah al Hudz-dzaq Lil Mutakharrijin).

Penasihat,
Ust. H Kholilurrohman, Lc, MA

Pengasuh,
Ustdz. Roihatul Jannah (al Hafizhah)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: